Komponen Rem Cakram Pada Mobil
Rem cakram pada mobil – otomotifmobil.com, Rem cakram adalah sistem rem yang dipakai oleh kendaraan masa kini dan dalam artikel ini kita akan mengetahui apa saja komponen rem cakram mobil. Sistem rem cakram mobil atau disk brake mobil terdiri dari bagian-bagian utama yaitu:1. Cakram atau rotor disc
2. Disc Pad atau Brake Pad, dan
3. Caliper
Cara Kerja Rem Cakram Mobil dan Fungsi Rem Pada Mobil
Berikut saya jelaskan cara kerja rem hidraulik tipe cakram. Pada sistem rem cakram, ketika kita menginjak pedal rem minyak rem akan mendorong piston pada caliper rem dan daya pengereman kendaraan terjadi karena gesekan antara disc pad (brake pad) yang didorong oleh piston dan menekan disc rotor (piringan cakram).
Fungsi Rem Pada Mobil
1. Untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan
2 . Rem juga berfungsi agar memungkinkan parkir ditempat yang menurun atau menanjak
3 . Sebagai alat pengaman dan menjamin pengendaraan yang aman
Keuntungan atau Kelebihan Rem Cakram pada Mobil
Beberapa kelebihan atau keuntungan menggunakan rem cakram pada mobil adalah
1. Pelepasan panas yang lebih baik atau pembuangan panas yang lebih baik
2. Apabila bagian-bagian rem terkena air, bisa lebih cepat kering.
3. Konstruksi sistem rem yang lebih sederhana, dan
4. Rem cakram pada mobil lebih mudah dalam hal perawatan.
Tipe-tipe rem cakram atau disc brake mobil
1. Fixed Type atau double piston, pada tipe double piston ini daya pengereman dihasilkan oleh brake pad yang ditekan oleh kedua piston rem dari kedua sisi cakram.
2. Tipe Floating Caliper, ada tipe rem cakram ini hanya terdapat satu piston, tekanan hidrolis dari master cylinder mendorong piston untuk menekan brake pad sisi bagian dalam, pad saat yang bersamaan caliper juga menekan brake pad bagian luar untuk menjepit piringan cakram, ini karena terdapat pen caliper yang bisa membuat caliper bergerak.
Penyetelan Otomatis pada rem cakram Mobil
Pada rem cakram mobil terdapat penyetelan otomatis yang akan mengatur jarak atau celah antara kampas rem dan disc saat tidak melakukan pengereman.
Penyetelan otomatis ini dilakukan oleh seal piston, sehingga ketika pedal rem dilepas dan tidak ada tekanan pada piston, piston akan mundur sedikit untuk membebaskan himpitan pada piringan cakram.
Kampas Rem atau Brake Pad
Bahan kampas rem adalah campuran metalic fiber dan serbuk besi, yang juga disebut sebagai semi metalic disc pad.
Celah yang ada pada brake pad selain dimaksudkan untuk menunjukkan batas ketebalan pad kit yang diijinkan juga untuk pembuangan serbuk kampas rem.
Pada bagian belakang kampas rem terdapat plat atau Anti squel shim berfungsi untuk mencegah bunyi menderit pada saat dilakukan pengereman.
www.otomotifmobil.com
0 komentar:
Posting Komentar